Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Pembelajaran Kontekstual Pada Mata Pelajaran IPA Materi Getaran dan Gelombang

Authors

  • T. Sayuti

Abstract

Penelitian ini mengangkat masalah apakah penerapan pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas VIII-A pada konsep getaran dan gelombang di SMP Negeri 1 Baitussalam. Untuk menjawab masalah tersebut digunakan metode penelitian tindakan kelas (classroom action research). Subjek penelitian ini siswa kelas VIII-A SMP Negeri 1 Baitussalam tahun pelajaran 2017/2018 sebanyak 29 orang. Data diperoleh melalui teknik observasi aktivitas siswa dan pemberian soal tes belajar. Analisis data dilakukan dengan cara menentukan rata-rata aktivitas belajar siswa, rata-rata prestasi siswa, dan persentase ketuntasan belajar siswa selanjutnya dibandingkan dengan indikator kinerja penelitian dengan KKM yaitu 70,00. Hasil penelitian menunjukkan penerapan pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa, terbukti dari perolehan rata-rata hasil belajar siswa siklus I yaitu 67,86 dengan persentase ketuntasan 62,07%, siklus II yaitu 73,00 dengan persentase ketuntasan 75,86%, dan siklus III yaitu 76,52 dengan persentase ketuntasan 86,21% yang mencapai ketuntasan belajar klasikal. Dengan demikian, hasil belajar IPA siswa kelas VIII-A melalui penerapan pembelajaran kontekstual materi getaran dan gelombang di SMP Negeri 1 Baitussalam mengalami peningkatan setiap siklusnya. Penerapan pembelajaran kontekstual meningkatkan aktivitas belajar siswa, terbukti dari perolehan rata-rata aktivitas siswa siklus I yaitu 3,00 dengan kategori cukup, siklus II yaitu 3,71 dengan kategori baik, dan siklus III yaitu 4,07 yang mencapai kategori baik. Dengan demikian, aktivitas siswa selama penerapan pembelajaran kontekstual dalam pembelajaran IPA di kelas VIII-A SMP Negeri 1 Baitussalam mengalami peningkatan setiap siklusnya, siswa aktif dan kreatif sehingga pembelajaran lebih efektif.

References

Dalyono, M. 1997. Psikologi Pendidikan. Cetakan I. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, S. Bahri. 2002. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

___________. 2000. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta, Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zein. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Dalyono. 1997. Psikologi Pendidikan. Cetakan I. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar. 2003. Pembelajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: Rineka Cipta.

Johar, Rahmah dkk. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Banda Aceh: FKIP Universitas Syiah Kuala.

Mukhlis. 2005. Pembelajaran Matematika Realistik untuk Materi Pokok Perbandingan di Kelas VII SMP Negeri I Pallangga. Tesis. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Mutia. 2010. “Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Fisika Pokok Bahasan Cahaya Melalui Penerapan Pendekatan Kontekstual di Kelas V SD Negeri 46 Banda Aceh”. Skripsi. Banda Aceh: FKIP Unsyiah.

Nasution, Noehi dkk. 2001. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Cetakan V. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nurkancana, Wayan. 2000. Evaluasi Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.

Nurhadi, M. 2003. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK. Malang: Universitas Negeri Malang.

Purwanto, Ngalim. 1995. Psikologi Pendidikan. Cetakan X. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sanjaya, Wina. 2004. Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Kencana.

__________. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Slameto. 1991. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Cetakan IV. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudijono, Anas. 2005. Pengantar Statistik Pendidikan. Cetakan V. Jakarta: Rajawali Press.

Soekamto, Toeti. 1997. Teori Belajar dan Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Depdikbud.

Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik: Konsep, Landasan Teoritis-Praktis dan Implementasinya. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Winkel, W.S. 2001. Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: PT. Gramedia.

Downloads

Published

07-09-2021

How to Cite

T. Sayuti. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Pembelajaran Kontekstual Pada Mata Pelajaran IPA Materi Getaran dan Gelombang . Jurnal Kinerja Kependidikan (JKK): Facilities of Educator Career and Educational Scientific Information, 3(2), 459–478. Retrieved from https://www.journalserambi.org/index.php/jkk/article/view/57